Senin, 03 Maret 2014

Bersyukurlah, karena Alloh selalu menyertai kita dengan para penolong



Kisah ini barangkali hanya kejadian yang biasa kita alami. Namun karena sangat biasanya itulah kadang kita sering lupa sesungguhnya ada hal istimewa yang perlu kita cermati.

Bermula dari undangan untuk mengisi training motivasi di sebuah SMP di lereng gunung sumbing, dengan diantar seorang kawan saya datang sesuai waktu yang telah ditentukan. Kami disambut dengan hujan yang sangat deras plus petir yang menggelegar beberapa kali. Waduh.... ternyata kami tidak bawa jas hujan.... bagaimana nih nanti pulangnya ??? 

Belum lagi ada solusi bagaimana pulangnya nanti, ketika seharusnya acara dimulai ternyata ruang yang mau dipakai bocor besar karena ada genting yang belum terpasang setelah sebelumnya ada perbaikan atap. Sambil menunggu ruang siap, kami berbincang dengan beberapa guru di ruang tamu. Sangat istimewa sekolah ini menurut kami, hampir seluruh guru berkenan menunggui para siswanya yang mengikuti training padahal dilaksanakan diluar jam kerja dan jarak sekolah yang cukup jauh. Dengan sangat hangat dan begitu ramah mereka menyambut kami.

Hujan yang deras seakan tidak akan berhenti, halaman sekolahpun tergenang air setinggi 20 centimeter sehingga mushola yang berada di seberang seolah seperti mengapung di air. Kami yang akan melaksanakan sholat ashar terpaksa bolak balik melewati genangan air karena mushola yang terkunci. Namun sangat menyenangkan ternyata, berjalan di air ditemani hujan walaupun sempat khawatir karena petir yang terus bersahutan.

Akhirnya ruangan siap untuk digunakan. OO..... listrik mati karena tersambar petir. Kami sempat berfikir training kali ini gagal terlaksana. Subhanalloh, listrik hidup kembali. Pihak PLN sangat sigap untuk langsung bertindak, padahal hujan masih cukup deras.

Training Motivasi menjelang Ujian Nasional terlaksana dengan lancar. Walaupun dipercepat karena durasi waktu yang disediakan cukup sempit, namun Alhamdulillah materi utama training bisa tersampaikan. Kami cukup kagum dengan beberapa siswa yang dengan jelas bisa menyampaikan impian masa depan mereka. Salah satu siswa bahkan secara gamblang mampu menceritakan keinginannya untuk menjadi peternak ikan lele. Wah.... jarang sekali siswa SMP bisa mempunyai impian yang sudah mengerucut. Jika seluruh generasi muda punya impian yang jelas seperti ini Insya Alloh mereka akan mudah menghadapi berbagai tantangan dalam hidupnya.


Selesai acara, kami berpamitan dan pulang. Hujan sudah reda, langitpun mulai cerah kembali. Akan tetapi kisah hari ini ternyata belum selesai. Motor saya mogok dan setelah beberapa usaha dilakukan hingga ganti busi tetap belum mau hidup. Bersyukurlah... Bapak dari seorang kawan menolong saya. Dibukalah beberapa bagian mesin dan ...... hiduplah kembali motor saya. Alhamdulillah.... walaupun pulang cukup malam, namun hari ini menjadi hari yang sangat spesial karena kehadiran para penolong yang Alloh kirimkan.

Siapa para penolong itu ? yang pertama tentu para guru yang menemani kami berbincang di tengah hujan sambil menunggu ruang siap digunakan. Yangkedua penjaga sekolah yang langsung bertindak memasang genting untuk menghentikan kebocoran. Yang ketiga petugas PLN yang telah menghidupkan listrik kembali. Yang keempat para siswa peserta training yang membuat perasaan kami senang. Yang kelima adalah Bapak dari kawan yang telah menghidupkan mesin motor dan akhirnya saya bisa pulang.

Subhanalloh para penolong itu selalu ada untuk kita. Tentu kita semua mampu merasakannya bukan ? Insya Alloh itu tanda bahwa Alloh sangat menyayangi kita.

SMP N 3 Bulu, 1 Maret 2014

Oleh : M Anantiyo Widodo,SE 
         (Trainer, Konsultan dan Direktur REFRESH Training & Consulting Institute)
         lihat profil

Tags :

bm

anantiyo

Pencari Inspirasi

Hikmah atau inspirasi adalah kekayaan yang menghidupkan akal, memperkuat insting kebijakan, dan mengkaryakan bakat .

  • anantiyo
  • M Anantiyo Widodo
  • anantiyo_widodo
  • anantiyo.widodo@gmail.com
  • Anantiyo Widodo

Posting Komentar