Rabu, 19 Februari 2014

Sebuah Solusi


“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, 
pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, 
tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, 
maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. 7:96)

        Beragam problem mendera negeri ini, kasus korupsi yang merajalela hingga bencana alam yang silih berganti. Padahal tingkat petumbuhan ekonomi selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Angka kemiskinan juga dilaporkan turun dengan prosentase yang tajam.

     Permasalahan yang harus diselesaikan memang bukan hanya tentang kemiskinan atau pengangguran. Justru masalah terbesar adalah kualitas kebahagiaan yang mampu dirasakan. Sebab tidak ada gunanya juga kekayaan tanpa kebahagiaan. Karena itulah korupsi masih dilakukan oleh orang-orang kaya diakibatkan belum terpenuhinya rasa bahagia atau kepuasan dalam memperoleh kekayaan.

     Inilah yang menimpa hampir seluruh lapisan masyarakat. Tingkat kepuasan hidup yang rendah menyebabkan kegelisahan yang kadang memicu terjadinya kriminalitas dalam berbagai ragamnya, termasuk rusaknya moral masyarakat.

     Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi jika setiap individu mempunyai integritas dalam setiap tanggungjawab yang diembannya. Pendidikan yang ada secara umum telah berhasil meningkatkan kecakapan hidup yang mampu memperbaiki kualitas fisik masyarakat, namun belum terdapat peningkatan berarti untuk kualitas moral dan integritas pribadi.

        Disinilah metode Pendidikan Islam menjadi sangat diperlukan. Metode ini secara lengkap memenuhi kebutuhan manusia meliputi kebutuhan akal, fisik dan rohani. Yang membedakan pola pendidikan Islam dengan yang lain adalah pada aspek pembinaan yang berkelanjutan. Disamping itu adanya pembiasaan dan keteladanan yang membentuk budaya Islami pada setiap individu yang ada di sekolah, baik itu guru, siswa, karyawan bahkan orangtua.

        Metode pendidikan Islam tidak mesti hanya dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berlabel Islam. Sangat mungkin sekolah umum menerapkan metode ini yang tentunya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

       Dengan pendidikan Islam, mewujudkan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia menjadi sangat memungkinkan sehingga tercapai tingkat kepuasan hidup yang optimal dengan konsep ikhtiar, tawakal dan syukur. Insya Alloh.

Oleh : M. Anantiyo Widodo, SE (Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Fi Ahsani Taqwim dan Wakil Kepala Sekolah SMP IT Cahaya Insani Temanggung) /  lihat profil

Tags :

bm

anantiyo

Pencari Inspirasi

Hikmah atau inspirasi adalah kekayaan yang menghidupkan akal, memperkuat insting kebijakan, dan mengkaryakan bakat .

  • anantiyo
  • M Anantiyo Widodo
  • anantiyo_widodo
  • anantiyo.widodo@gmail.com
  • Anantiyo Widodo

Posting Komentar