Selasa, 18 Februari 2014

Perekat Bangsa


         Disintregasi bangsa semakin mengkhawatirkan dengan pola yang berubah dari sebelumnya. Kini bukan hanya permasalahan suku, ras, atau golongan namun persoalan moral, budaya dan informasi justru lebih berbahaya. Semua hal tersebut menjadi lebih gawat karena menimpa generasi muda bangsa. Maka dibutuhkan berbagai sarana untuk menyelesaikannya, diantaranya adalah wadah aktifitas generasi muda. 

       Berbeda dengan organisasi pemuda lainnya, Karang Taruna menjadi satu satunya organisasi yang mewadahi seluruh pemuda di Indonesia tanpa kecuali karena menerapkan system stelsel pasif. Kebijakan semacam ini menjadikan karang taruna sangat efektif sebagai pemersatu seluruh komponen pemuda dari berbagai unsur. 

         Karang taruna secara formal berada di tingkatan Desa/Kelurahan dengan struktur hingga Nasional. Namun pada prakteknya bahkan di tingkatan dusun, RW bahkan RT terdapat karang taruna. 

       Karang Taruna menjadi organisasi yang berfungsi membantu menyelesaikan permasalahan social masyarakat. Organisasi yang dipayungi oleh Kementrian Social RI ini menerapkan pola kepemimpinan yang sangat demokratis dengan pemilihan ketua melalui musyawarah dan secara umum jauh dari kepentingan politik. Maka tidak mengherankan jika ketua Karang Taruna mampu menjadi symbol pemuda di Desa.

        Disamping itu karang taruna mampu tumbuh secara alamiah dengan kepentingan mendasar berupa kebersamaan warga yang diwarnai dinamika isu lingkungan. Hal itu sangat positif untuk membangkitkan kepedulian para pemuda untuk lingkungannya yang tentunya akan merespon mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif.

        Semoga Karang Taruna mampu terus tumbuh di tengah gempuran budaya liberal yang menggerogoti mental anak bangsa.

Oleh : M Anantiyo Widodo, SE (Ketua Karang Taruna Kecamatan Kandangan dan pengurus KNPI Temanggung) /  lihat profil

Tags :

bm

anantiyo

Pencari Inspirasi

Hikmah atau inspirasi adalah kekayaan yang menghidupkan akal, memperkuat insting kebijakan, dan mengkaryakan bakat .

  • anantiyo
  • M Anantiyo Widodo
  • anantiyo_widodo
  • anantiyo.widodo@gmail.com
  • Anantiyo Widodo

Posting Komentar